Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting, Karakteristik dan Kebijakan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 70

Rosmiasih Rosmiasih, Ilham Ramadhan Ersyafdi

Abstract


Company value is the assumption that investors are at the level of the company's success in managing resources at the end of the current year which is reflected in the company's stock price. If the share price is higher, it means that the welfare of the shareholders is also getting bigger. This study aims to determine whether company value can be affected by ISR disclosure, company size, sales growth, company age, asset growth, funding policy, dividend policy, debt policy in companies listed in JII 70 for the period 2018-2020. By using purposive sampling technique method, 41 out of 101 companies were selected. The results of the study reveal that firm value can be influenced by company age, funding policy and debt policy. While other variables, namely ISR disclosure, company size, sales growth, asset growth and dividend policy have no effect. This study is expected to increase knowledge and references regarding the value and performance of the company, thereby helping investors to make investment decisions.


Keywords


pengungkapan ISR, karakteristik perusahaan, kebijakan perusahaan, nilai perusahaan

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. (2020). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Bursa Efek Indonesia 2016-2019. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 3(1), 69-84.

Apriliyanti, V., Hermi, H., & Herawaty, V. (2019). Pengaruh kebijakan hutang, kebijakan dividen, profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan kesempatan investasi terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 6(2), 201-224.

Aziz, Lukmanul H., et al. (2021). AKUNTANSI SYARIAH (SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS). Jakarta: Widina Bhakti Persada.

Ersyafdi, I. R., & Fauziyyah, N. (2021). Dampak COVID-19 Terhadap Tren Sektoral Harga Saham Syariah di Indonesia. Jurnal Iqtisaduna 7(1), 1-16.

Ersyafdi, I. R., & Irianti, P. W. D. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan, Tata Kelola Perusahaan dan Agresivitas Pajak terhadap Pengungkapan CSR. SAR (Soedirman Accounting Review): Journal of Accounting and Business 6(2), 57-72.

Ersyafdi, I. R., Muslimah, K. H., & Ulfah, F. (2021). Pengaruh Faktor Finansial dan Non Finansial terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Akuntansi Indonesia 10(1), 21-40.

Ersyafdi, I. R., & Nasihah, D. (2021). Pengaruh rasio finansial, dividen dan arus kas terhadap harga saham jakarta islamic index 70. INOVASI 17(4), 748-760.

Fajriana, A., & Priantinah, D. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 5(2), 16-28.

Fatikasari, I., Ersyafdi, I. R., & Ulfah, F. (2021). The Influence of Asset Turnover and Company Characteristics on Economic Profitability in Restaurant, Hotel and Tourism Sub-Sector Companies Listed on The BEI. MIZANIA: Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi 1(2), 51-66.

Furqoni, M. H., & Asandimitra, N. (2019). Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Properti dan Real Estate. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 7(4), 1165-1178.

Herninta, T. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(3), 325-366.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pres.

Jayanti, E., & Tunisa, S. (2021). Pengaruh Return on Asset (roa), Pertumbuhan Aset, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Tahun 2016–2019). JURNAL EKONOMI 11(2), 27-38.

Meli, M. (2020). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STEI Ekonomi, 29(01), 79-89.

Novita, N., & Ersyafdi, I. R. (2022). Pengaruh Faktor-Faktor Non Keuangan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 70. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3153-3163.

Oktaviarni, F., Murni, Y., & Suprayitno, B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 9(1), 1-16.

Rahadi, F., & Octavera, S. (2018). Efek Kebijakan Investasi, Kebijakan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi 4(1), 30-38.

Rosari, Q. I., & Subardjo, A. (2021). Pengaruh Keputusan Pendanaan, Firm Size, dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(3).

Septriana, I., & Mahaeswari, H. F. (2019). Pengaruh likuiditas, firm size, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Indonesia 8(2), 109-123.

Setiawan, I., Swandari, F., & Dewi, D. M. (2019). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderating. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen) 6(2), 168-186.

Suardana, I. K., Endiana, I. D. M., & Arizona, I. P. E. (2020). Pengaruh profitabilitas, kebijakan utang, kebijakan dividen, keputusan investasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA) 2(2). 137-155.

Suryandani, A. (2018). Pengaruh pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor property dan real estate. Business Management Analysis Journal (BMAJ) 1(1), 49-59.

Tambunan, E. H., Sabijono, H., & Lambey, R. (2019). Pengaruh Keputusan Investasi Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Konstruksi Di Bei. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(3). 4445-4454.

Triyani, W., Mahmudi, B., & Rosyid, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Aset terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (studi empiris perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2007-2016). Tirtayasa Ekonomika, 13(1), 107-129.

Tunggal, C. A., & Ngatno, N. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Tahun 2014-2016) pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 141-157.

Yulimtinan, Z., & Atiningsih, S. (2021). Leverage Ukuran Perusahaan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(1), 69-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v12i1.62070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rosmiasih Rosmiasih, Ilham Ramadhan Ersyafdi

Indexed by:

   


Published By:

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi*, Universitas Tanjungpura

*now Fakultas Ekonomi dan Bisnis