PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ROKOK SAMPOERNA PADA PT. H.M. SAMPOERNA DI PONTIANAK

M. NUR ASIKIN B31108009

Abstract


Abstrak: Setiap konsumen pada dasarnya memiliki persepsi yang berbeda terhadap suatu produk atau jasa. Guna memenuhi segala kebutuhan konsumen dalam mengambil banyak macam keputusan pembelian setiap hari. Dalam aktifitas membeli tersebut, konsumen harus memutuskan mengenai apa saja yang akan di belinya, dimana mereka membeli, bagaimana dan berapa banyak mereka membeli serta mengapa mereka membeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran rokok SAMPOERNA.

Metode penulisan dalam skripsi ini adalah metode survey dan alat analisanya adalah dengan metode kualitatif. Penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara produk, harga, distribusi dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan secara parsial sebagai berikut: a) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial (t) antara produk terhadap kepuasan pelanggan, b) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial (t) antara harga terhadap kepuasan pelanggan, c) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial (t) antara distribusi terhadap kepuasan pelanggan dan d) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial (t) antara promosi terhadap kepuasan pelanggan dan 2) Faktor dominan yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel produk dan distribusi karena dari hasil uji hipotesis dua variabel tersebut berpengaruh sedangkan variabel produk, promosi tidak berpengaruh.

 

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.