ANALISIS PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN DAN HARGA PREMIUM TERHADAP NIAT BELI PRODUK HIJAU DI PONTIANAK (STUDI KASUS PADA PRODUK SAYUR DAN BUAH ORGANIK)

AHMADI B11109122

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Kesadaran Lingkungan dan Harga Premium Terhadap Niat Beli Produk Hijau Di Pontianak (Studi Kasus Pada Produk Sayur Dan Buah Organik). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran lingkungan dan harga premium terhadap niat beli produk hijau berupa sayur dan buah organik di Pontianak.

Jumlah sampel sebanyak 93 orang yang berdomisili di Pontianak. Metode pengumpulan data menggunakan metode korespondensi. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara serempak variabel kesadaran lingkungan dan harga premium berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk hijau. Secara parsial juga menunjukan bahawa masing-masing variabel seperti kesadaran lingkungan dan harga premium berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk hijau.

Nilai koefesien determinan (R2) sebesar 0,414 atau 41,4% yang berarti kemampuan menjelaskan pengaruh variabel kesadaran lingkungan dan harga premium terhadap niat beli hanya 41,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Kesadaran Lingkungan, Harga Premium dan Niat Beli Produk Hijau


Refbacks

  • There are currently no refbacks.