PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT SUMBER DJANTIN SAMBAS

Susi B11109012

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi langsung terhadap kepuasan kerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh kompensasi tidak langsung terhadap kepuasan kerja karyawan, dan untuk mengetahui pengaruh kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung terhadap kepuasan kerja karyawan bagian Produksi PT Sumber Djantin Sambas.

Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompensasi (kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung), sedangkan variabel terikat nya adalah kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah 177 dan sampel dalam penelitian adalah 64 orang karyawan bagian produksi PT Sumber Djantin Sambas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportionate stratifed random sampling. Skala yang digunakan dalam kuesioner adalah skala likert dengan lima (5) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabelitas. Data didalam penelitian ini diproses dengan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 19.00 for windows.

Dari hasil penelitian ini menemukan bahwa secara simultan kompensasi langsun dan kompensasi tidak langsung secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F hitung > F table 3.150). Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa secara parsial kompensasi langsung (t hitung 5.186) dan kompensasi tidak langsung (t hitung2.828 ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, yang memiliki pengaruh paling kuat dan dominan terhadap Y adalah variabel kompensasi langsung (X1) dengan nilai test 5.186. Nilai koefisien (R2) sebesar 62,20% artinya kepuasan kerja karyawan sebesar 69,50% dipengaruhi oleh kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung, sedangkan sisanya sebesar 37,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kompensasi langsung, Kompensasi tidak langsung dan Kepuasan Kerja

Refbacks

  • There are currently no refbacks.