PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. ARYO BIMO DI PONTIANAK

YUKI IIN MARTITA B11109027

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Aryo Bimo di Pontianak. PT. Aryo Bimo adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa bongkar muat angkutan kapal laut atau Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Persaingan yang kompetitif dan berbagai kendala yang dihadapi di dalam usaha jasa bongkar muat angkutan kapal laut membuat setiap perusahaan harus dapat mengoptimalkan produktifitas SDM pegawai. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: Mengetahui pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. Aryo Bimo di Pontianak. Mengetahui pengaruh Kompensasi Non Finansial terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. Aryo Bimo di Pontianak.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PT. Aryo Bimo yang berjumlah 73 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, komunikasi langsung/wawancara dan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa statistik deskriptif dimana penulis menganalisa tanggapan berdasarkan jawaban pada kuesioner yang telah disebarkan kepada responden.

Berdasarkan hasil analisis regresi berganda secara simultan atau bersama-sama menunjukkan bahwa variabel Kompensasi Finansial (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y). Variabel Kompensasi Non Finansial (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda secara parsial menunjukkan bahwa variabel Kompensasi Finansial (X1) mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y). Variabel Kompensasi Non Finansial (X2) mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y). Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Aryo Bimo adalah variabel Kompensasi Non Finansial (X2).

Upaya peningkatan kepuasan terhadap karyawan, dapat dilakukan melalui peningkatan kompensasi bagi karyawan sesuai dengan kinerja dan prestasi yang diberikan karyawan untuk perusahaan.

Kata kunci: kompensasi finansial, kompensasi non finansial, kepuasan kerja

Refbacks

  • There are currently no refbacks.