PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG TERDIRI DARI AFFECTIVE COMMITMENT, CONTINUANCE COMMITMENT, DAN NORMATIVE COMMITMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN PADA PDAM TIRTA KHATULISTIWA KOTA PONTIANAK

Baliya Tiakh Alqadri B11108079

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komitmen organisasional, organizational citizenship behavior (OCB) karyawan PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan komitmen organisasional berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan. Komitmen organisasional terdiri dari tiga dimensi yaitu affective commitment, continuance commitment, dan normative commitment. Pertanyaan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah komitmen organisasional yang terdiri dari affective commitment, continuance commitment, dan normative commitment dapat mempengaruhi organizational citizenship behavior (OCB) karyawan.

Penelitian dilakukan di PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak. Terdapat 43 responden yang diambil sebagai sensus penelitian. Metode pengambilan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kausal, yang bertujuan untuk membandingkan suatu variabel (objek penelitian) antara subjek yang berbeda atau waktu yang berbeda dan menemukan hubungan sebab-akibatnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa komitmen organisasional mempengaruhi organizational citizenship behavior (OCB) karyawan pada suatu organisasi.

Hasil Uji-F dan R2 menunjukkan bahwa sebesar 88,6% komitmen organisasional berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan nilai p< 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dimana Ha adalah komitmen organisasional berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan. Pada saat melakukan Uji-t ditemukan bahwa indikator komitmen organisasional yang berpengaruh secara parsial terhadap organizational citizenship behavior (OCB) adalah normative commitment sedangkan indikator yang lain tidak. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai p 2 indikator lebih besar dari 0,05 sedangkan normative commitment sebesar 0,008. Indikator komitmen organisasional yang memiliki pengaruh paling besar terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan adalah normative commitment dan indikator yang tidak berpengaruh signifikan adalah affective commitment dan continuance commitment. Implikasi pada penelitian ini adalah komitmen organisasional berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan dalam suatu organisasi.

Kata kunci: komitmen organisasional dan organizational citizenship behavior (OCB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.