ANALISIS PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2011)

ARISTA FITRI MAHARANI B11109028

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan untuk mengetahui bahwa Size, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-2011 yang berjumlah 39 perusahaan. Data dikumpulkan melalui metode observasi data sekunder. Kemudian dilakukan metode yang meliputi uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji F dan uji t, dan analisis koefisien determinasi (R2).

Untuk menganalisis data menggunakan software SPSS versi 20. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji t variabel leverage berpengaruh signifikan terhadap variabel corporate social responsibility (CSR). Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa variabel size dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility (CSR). Sedangkan berdasarkan uji simultan (uji F) Size, Profitabilitas, dan Leverage tidak memiliki pengaruh terhadap CSR perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI. Besarnya R2 pada perusahaan sektor manufaktur di Indonesia sebesar 0,055. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu Size, Profitabilitas, dan Leverage terhadap variabel dependen CSR yang dapat diterangkan oleh model persamaan ini sebesar 5,5% sedangkan sisanya sebesar 94,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

Dari penelitian yang dilakukan peneliti bagi perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI, agar dapat diambil langkah-langkah antisipasi dalam mempertahankan CSR. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel, memperpanjang periode atau rentang waktu penelitian sehingga lebih diketahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap CSR pada perusahaan manufaktur di Indonesia.

Kata Kunci: Size, Profitabilitas, Leverage, Corporate Social Responsibility


Refbacks

  • There are currently no refbacks.