PENGARUH TINGKAT HUTANG, PROFITABILITAS DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS KOMPAS 100

Ivnok Azim B1022141019 Azim

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Return On asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Debt To Equity Ratio (DER), Risiko Perusahaan (β) Terhadap Nilai Perusahaan (Tobin’S Q). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan analisis  regresi berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 56 perusahaan yang terdaftar di Indek Kompas 100 selama periode pengamatan secara berturut-turut.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Retutn On Equity, Debt To Equity Ratio, berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Return On asset, berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata kunci: Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Erning Per Share (EPS), Debt To Equity Ratio (DER), Resiko Perusahaan (β)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Helfert, Erich, Teknik Analisis Keuangan, ERLANGGA, Jakarta, 1996.

Agustina, Lidya, Dkk. “Pengaruh Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Harga Saham (Studi Pada Indeks LQ45 Tahun 2010)” Jurnal Akuntansi Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Agus Sartono, 2002. Manajemen Keuangan; Aplikasi Dan Teori. BPFE-Yogyakarta; Yogyakarta.

Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Armstrong, Michael. 2006. A Handbook of Human Resource Management Practice Edition. London: Kogan Page

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Desiana, Fransiska, Dkk. 2014.” Pengaruh Return on Equity, Earning Per Share, dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia”Jurnal Akuntansi STIE MDP, Palembang.

Dzuhri, Ahmad Agus. 2013. “Analisis Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di Jakarta Islamic Index Periode 2009 - 2011). Skripsi Strata 1. Institut Agama Islam Negri Walisongo, Semarang.

Fuad, M, dkk, 2000, Pengantar bisnis, Penerbit PT Gramedia, Jakarta.

Gibson, C.H. 2011. Financial Statement Analysis. Cengage  Learning: South Western.

Gitman, Lawrence J dan Chad J. Zutter. 2012. Principles of Managerial Finance. 13th Edition. Global Edition: Pearson Eduaction Limited

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hanafi, Mamduh M, 2013, Manajemen Keuangan, Edisi 1, Yogyakarta: BPFE.

Hanafi, 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Harahap, S. S. 2004. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keempat. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Keown, A.J. 2004. Manajemen Keuangan : Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Luthfi, Abied Safitri. “Pengaruh Earning Per Share, Price earning Ratio, Return on Assets, Debt to equity Ratio dan Market Value Added Terhadap harga Saham. Periode 2008-2011.” Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

M. Hanafi, Mamduh, dan Abdul Halim, Analisis Laporan Keuangan, UPP-AMP YKPN, Yogyakarta, 1996.

M. Hanafi, Mamduh, Manajemen Keuangan, BPFE-YOGYAKARTA, Yogyakarta, 2004.

Munawir., 2004, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan Ketigabelas, Yogyakarta:Liberty.

Ningsih, Septriani dan Dinnul Alfian Akbar. “Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja Perusahaan Terhadap Return Saham Perusahaan yang Terdaftar di JakartaIslamic Index.” Skripsi. STIE MDP, 2014.

Nordiana, Ariska & Budiyanto. ” Pengaruh DER, ROA dan ROE Terhadap harga Saham Pada Perusahaan Food And beverage.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 6, Nomor 2, Februari 2017.

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Pamadanu, Dozi. “Pengaruh Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Automotive and Allied Products yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Skripsi. Universitas Negeri Padang, 2013.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2013.

Winardi. 2001. Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Wulandari, Dewi. “Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Leverage Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2009-2010.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

www.idx.co.id

www.sahamok.com

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.