PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. PLN (PERSERO) KANTOR CABANG PONTIANAK

Bayu Saputra B11108176

Abstract


Era globlisasi dunia usaha ditandai dengan terbukanya persaingan yang ketat di segala bidang, termasuk pada BUMN, Hal ini merupakan suatu tantangan bagi pelaksanaan pembangunan bangsa Indonesia. Organisasi organisasi mengahadapi tantangan untuk mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki keahlian khusus sehingga mampu bersaing dengan dunia usaha. Perilaku pegawai sangat dipengaruhi oleh komitmennya di dalam sebuah organisasional yang mereka laksanakan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat, maka agar pegawai mempunyai komitmen organisasional yang tinggi, setidaknya pekerjaan yang dibebankan harus dapat dirasakan sebagai sesuatu yang bermanfaat, baik bagi dirinya sendiri, orang lain maupun bagi kepentingan organisasional. Kinerja pegawai merupakan salah satu indikator keberhasilan operasional suatu organisasional dalam mencapai tujuan, begitu juga dengan PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Komitmen Organisasional terhadap kinerja pegawai pada PT. PLN (Persero) Kantor Cabang Pontianak.

Populasi penelitian ini adalah pegawai yang berjumlah 85 orang (tidak termasuk kepala kantor) pada PT. PLN (Persero) Kantor Cabang Pontianak dan jumlah sampel sebanyak 85 orang dengan menggunakan sampel sensus. data diperoleh dari PT. PLN (Persero) Kantor Cabang Pontianak dari tahun 2007-2011. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan yang lain.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable bangga menjadi bagian organisasi (X1) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai, Membanggakan organisasi kepada orang lain (X2) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai, peduli terhadap nasib organisasi (X3) berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai, bahwa Gembira memilih bekerja pada organisasi ini (X4) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai, Kesamaan nilai (X5) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai dan Bekerja melampaui target (X6) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai.

Kata kunci : Komitmen Organisasi dan Kinerja Pegawai.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.