ANALISIS SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP JASA PENDIDIKAN KOMPUTER PADA KOMPUTER INFORMATIKA (KIA) INDONESIA PONTIANAK

AL ANSORI B31110101

Abstract


Sikap merupakan ungkapan perasaan konsumen tentang suatu obyek apakah disukai atau tidak, dan sikap juga bisa mengambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari obyek tersebut. Sikap juga merupakan bagian dari perilaku konsumen yang dapat diukur dengan berbagai metode yang ada. Salah satunya adalah dengan metode Fishbein multiatribut. Dalam metode ini Faktor pertama, keyakinan seseorang terhadap atribut yang menonjol dari objek. Faktor kedua, adalah kekuatan keyakinan seseorang dalam bentuk pertanyaan, dan faktor ketiga adalah evaluasi dari masing-masing keyakinan akan atribut yang menonjol. Penilaian sikap ini dilakukan pada peserta didik pada KIA Indonesia Pontianak terhadap jasa pendidikan komputer yang meliputi atribut biaya pendidikan, lokasi, sarana belajar, materi, desain brosur, promosi, instruktur dan lulusan. Dari atribut tersebut mana yang menjadi atribut yang paling menonjol yang dinilai dari peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sebenarnya dilapangan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, studi dokumenter dan penyebaran kuesioner yang nantinya akan dianalisis dengan rumus moden Fishbein untuk mengetahui sikap peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik mempunyai sikap yang “sangat baik” terhadap atribut Tenaga Pengajar/ Instruktur dengan memiliki nilai sikap sebesar 2,60. Hal ini dikarenakan bahwa Tenaga Pengajar /Instruktur adalah merupakan Sumber Daya Manusia yang memberikan ilmu dan pengajaran kepada peserta didik. Dengan adanya Sumber Daya Manusia yang terdidik, terampil serta berpengalaman dibidangnya, akan memberikan hasil yang baik pula dalam bidang pengajaran.

 

Kata Kunci : Sikap Peserta Didik; Jasa Pendidikan Komputer


Refbacks

  • There are currently no refbacks.