ANALISIS KINERJA PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN KUBU RAYA PERIODE 20092010 BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) (StudiKasusPelayananKesehatan Di Kecamatan Sungai Kakap)

Isna Maulidia B41108027

Abstract


Government as Public Service provider have to improve quality of the service. One of the method that refers to UU Republik Indonesia No 25 (2004) about PROPENAS. So that goverment need to arrange Consumer Satisfaction index. The Index will use as data and information for decision making or as the standard to measure consumer satisfaction of the service by government. Then, from the data we will compare peoples expectation and necessity (Kepmen PAN No 25-2004).

The research use Qualitative Description Approach, that is Mixed of Quantitative and Qualitative Approach. The Population are the people Of Kecamatan Sungai Kakap. I take Accidental Sample, I give the questioner to people who come to Puskesmas. Questioner allocated 150 questioners relevance to Kepmen PAN No 25 (2004).

Consumer satisfaction in 2009 and 2010 is good, but according to APBD from PemdaKubu Raya, the budget that allocated to is not agree with the realised.So that the performance is not good. Therefore, Government must control the implementation of budget. So that the performance of Service Provider is appropriate with the goal. And also, people can use the facility.

Keywords: Community satisfaction indeks (HPI), Health services, Performance

ABSTRAKSI

Pemerintah sebagai penyedia jasa layanan publik, harus senantiasa meningkatkan kualitasnya. Sehingga perlu disusun indeks kepuasan masyarakat sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan.Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya (Kepmnen PAN no. 25 tahun 2004).

Penelitian ini ingin menganalisis kinerja pelayanan publik bidang kesehatan di Kabupaten Kubu Rayadengan cara mengukur indeks kepuasan masyarakat yang dilayani. Salah satu tolok ukur penilaian kinerja pelayanan adalah dengan mendengarkan atau mengumpulkan persepsi dari responden masyarakat yang berkunjung di beberapa Puskesmas Kecamatan Sungai Kakap akan pelayanan yang telah diterimanya melalui kuesioner. Sedangkan indikator indikator yang digunakan sebagai pengukuran mengacu pada Kepmen PAN Nomor : KEP/25/M.PAN/2004

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap jasa Pelayanan Kesehatan secara keseluruhan yang tehitung dari tahun 2009 dan 2010 adalah berada dalam kategori Baik, diperlukan kesesuaian pemerintah dalam memberikan anggaran kesehatan yang berdasarkan dengan ketentuan Undang undang dasar yakni 10% dari APBD. Sehingga akan berdampak besar dengan kinerja petugas pelayanan kesehatan dan fasilitas sarana dan prasarana serta pelayanan yang di dapat oleh masyarakat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]