FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSITAS PERILAKU DALAM PENGGUNAAN E-FILING PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus di KPP Pratama Pontianak Barat)

Putri Indah Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan serta kesiapan teknologi informasi terhadap intensitas penggunaan e-Filing pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Pontianak secara parsial dan simultan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan suatu penelitian yang dilakukan terhadap masalah yang berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Pontianak Barat. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Convenience Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 104 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.      Adapun tujuan dari analisis regresi linear berganda adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukan bahwa secara parsial persepsi kegunaan berpengaruh positif signifikan terhadap intensitas penggunaan e-Filing, persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap intensitas pengguna e-Filing, serta keamanan dan kerahasiaan berpengaruh positif signifikan terhadap intensitas penggunaan e-Filing, sedangkan kesiapan teknologi informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensitas penggunaan e-Filing. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasian serta kesiapan teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap intensitas penggunaan e-Filing.

 

Kata kunci : e-Filing, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan, kesiapan teknologi informasi, wajib pajak orang pribadi

 

DAFTAR PUSTAKA

Davis, F.D., (1989). Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems Theory and Results; Unpublished Doctoral Dissertation MIT.

Direktorat Jenderal Pajak, keputusan. Nomor: KEP-05/PJ/2005 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan secara Elektronik (e-Filing) melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP).

Direktorat Jenderal Pajak, Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan tata Cara Perpajakan

Direktorat Jenderal Pajak, keputusan. Nomor: PER-02/PJ/2019 tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi secara Elektronik.

Dewi, P. D., & Noviari, N. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensitas Perilaku dalam Penggunaan e-Filing pada Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.22, No.3.

Dharma, I. W., & Noviari, N. (2016). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Intensitas Perilaku dalam Penggunaan e-Filing Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.17, No.2.

Desmayanti, E. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas E-Filling Oleh wajib pajak Sebagai Sarana Penyampaian Spt Masa Secara Online Dan Realtime (Kajian empiris di Wilayah kota Semarang). Diponegoro Jurnal Of Accounting, Vol. 1, No. 1.

 

Devina, S. (2016). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kecepatan, Keamanan dan Kerahasiaan serta Kesiapan Teknologi Informasi wajib pajak terhadap Penggunaan e-Filing Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Tangerang Kecamatan Karawaci. Ultima Accounting, Vol. 8, No 1

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Goodhue, D.L. and Thompson, R.L. (1995).Task-Technology Fit and Individual Performance. MIS Quarterly (19:2), pp. 213- 236.

Hair et al. (2010). Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Laihad, Risal C.Y. (2013). Pengaruh Perilaku wajib pajak Terhadap Penggunaan     E-Filling wajib pajak di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3

Mujiati, Karmila & Wahyuningtias, S. (2014). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penggunaan e-Filing Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada wajib pajak di KPP Sukoharjo dan KPP Surakarta). Seminar Nasional SANCALL– 2016 ISSN: 2460 – 0784

Mardiasmo. (2018), Perpajakan Edisi Terbaru 2018 . Yogyakarta: Andi Offset.

Noviandini, N.C. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan  Penggunaan, dan Kepuasan wajib pajak terhadap Penggunaan E-Filing bagi wajib pajak di Yogyakarta. Jurnal Nominal, Vol. 1, No. 1.

Resmi, S. (2018). Perjakan Teori dan Kasus Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat. 

 

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

 

Umar, H. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2012 Pasal 4 ayat (1) Tentang Penghasilan.

Waluyo, (2017). Perpajakan Indonesia Edisi 12 Buku 1 .Jakarta : Salemba Empat.

 

Wahyuni, R. (2015). Persepsi Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, dan Kecepatan terhadap Intensitas Perilaku dalam Penggunaan e-Filing (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan). Jom FEKON. Vol. 2, No 2. Faculty of Economis Riau University

Wibisono, L. T., & Toly, A. A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Penggunaan E-Filing di Surabaya. Tax & Accounting Review. Vol. 4, No. 1.

Yuniar, A. (2017). Pengaruh Kesiapan Teknologi dan Perilaku wajib pajak terhadap Penggunaan e-Filing (Survei Pada Pegawai KPP Pratama Bandung Bojonagara). Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Komputer

https://www.bps.go.id/statictable/2009/02/24/1286/realisasi-penerimaan-negara-milyar-rupiah-2007-2019.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]