Kajian Paham Utilitas dan Manfaat Pendidikan Seni Bagi Anak Usia Dini
Abstract
References
Ardipal, A., Kurikulum pendidikan seni
budaya yang ideal bagi peserta didik di
masa depan. Komposisi: Jurnal
Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni,
(1), 2012.
Aprillia, A., KONSEPSI PENDIDIKAN
SENI RUPA DI TAMAN KANAK–
KANAK. Imajinasi: Jurnal Seni, 7(1),
pp.43-54, 2014.
Brown, D. G., What is Mill’s Principle of
Utility? Canadian Journal of
Philosophy, 3(1), 1–12, 1973.
doi:10.1080/00455091.1973.10716066
Burns, J. H., Happiness and utility: Jeremy
Bentham's equation. Utilitas, 17(1),
-61, 2005.
Cannatella, H., Why We Need Arts
Education, Rotterdam:Sense Publisher,
Haslett, D. W., What is Utility?. Economics &
Philosophy, 6(1), 65-94, 1990.
Hoag, R.W., Happiness and freedom: recent
work on John Stuart Mill. Philosophy
TACET : Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni
Vol. 1, No. 2, Oktober 2022, pp. 36-46
& public affairs, pp.188-199. 1986.
Khairi, H., Karakteristik perkembangan anak
usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna,
(2), pp.15-28, 2018.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam
Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar,
Maulidah, N., & Santoso, A., Permainan
konstruktif untuk meningkatkan
kemampuan multiple intelligence
(visual-spasial dan interpersonal).
Jurnal Bimbingan dan Konseling
Islam, 2(1), 27-47, 2012.
Mayar, F., Sari, D.N. and Hijriani, A.,
Analisa Manfaat Seni Untuk
Mengoptimalkan Perkembangan
Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 3(6), pp.1359-1364, 2019.
Mill, J.S., Utilitarianisme. New York, NY:
Publikasi Dover, 2007.
Mill, John Stuart., Utilitarianisme.
Yogyakarta: BASABASI, 2020.
Muhammad Fadillah, Desain Pembelajaran
PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz
media, hlm. 57, 2012.
Mutiah, D., Psikologi Bermain Anak Usia
Dini. Jakarta: Kencana, 2010.
Novitasari, Y., Analisis Permasalahan"
Perkembangan Kognitif Anak Usia
Dini”. PAUD Lectura: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01),
-90, 2018.
Riley, J., Millian Qualitative Superiorities
and Utilitarianism, Part II. Utilitas,
(2), 127-143, 2009.
Riley, J., Penilaian utilitarian Liberal JS
Mill tentang kapitalisme versus
sosialisme. Utilitas, 8(1), 39-71, 1996.
Rohidi, T.R., Kesenian: Dalam
Pendekatan Kebudayaan. Bandung:
STISI Press, 2000.
Salam, S., Pendidikan Seni Rupa di
Sekolah Dasar: Buku Ajar untuk
Mahasisawa PGSD. Makassar:
Universitas Negeri Makassar, 2001.
Solihat, A. N., & Arnasik, S., Pengaruh
Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku
Konsumtif Mahasiswa Jurusan
Pendidikan Ekonomi Universitas
Siliwangi. Oikos: Jurnal Ekonomi dan
Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1-13,
Sprigge, T. L., The greatest happiness
principle. Utilitas, 3(1), 37-51, 1991.
Suryana, D.,.Pendidikan Anak Usia
Dini: Stimulasi & Aspek
Perkembangan Anak.Jakarta:
Kencana, 2016.
Syeh, M., Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru. Bandung: PT
Remaja Rasdakarya, 2000.
Tabrani, P., Pendidikan Seni,
Hubungannya dengan Ambang Sadar,
Imajinasi dan Kreativitas serta
Manfaatnya untuk Proses Belajar yang
Bermutu. Jurnal Komunikasi
&Multimedia, 7(1), pp.1-18, 2015.
Triyanto., Pendidikan Seni Sebagai Proses
Enkulturasi Nilai-nilai Budaya. Jurnal
‘Media’ No. 4 Th. XIV Desember.
Semarang: FPBS – IKIP, 1994.
Widiyastono, M. H., Utilitarianisme dalam
Praktik Kehidupan Prososial Manusia.
Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan
Konseling Islam, 1(1), 18-25, 2021.
Wulan Suci, D., Manfaat Seni Musik Dalam
Perkembangan Belajar Siswa Sekolah
Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 1(3), pp.177- 184, 2019.
Qizilbash, M., The Concept of Well-Being.
Economics and Philosophy, 14(01),
, 1998.
doi:10.1017/s0266267100004934
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/tacet.v1i2.60552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni
has been Indexed by:
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : -
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.