Cipta Menu Bekal Anak Berbasis Olahan Ikan Air Tawar Dalam Upaya Mensukseskan Gemarikan Pada TK. Kuncup Mekar Kota Palangka Raya

Rosana Elvince, Tyas Wara Sulistyaningrum, Nor hayani, Ivone Christiana

Abstract


Abstrak

GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan mulai tahun 2004 dengan tujuan meningkatkan gizi masyarakat sejak dini dari sumber protein hewani yaitu ikan. Penyediaan bekal yang beragam untuk anak usia dini merupakan suatu tantangan bagi ibu-ibu. Kemampuan mengolah bekal yang memiliki nilai gizi yang tinggi terutama dari bahan dasar ikan untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak membutuhkan ketrampilan tersendiri. Transfer ilmu dan teknologi pengolahan produk olahan ikan bagi orang tua siswa serta guru telah dilakukan di TK Kuncup Mekar Kota Palangka Raya untuk meningkatkan kemampuan orang tua dan guru dalam mengolah makanan berbahan dasar ikan sehingga dapat menciptakan menu bekal makan anak dengan ide kreatif berupa mie berbahan dasar ikan dan sayur, rolade ikan dan perkedel ikan.

Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengedukasi murid-murid TK tentang pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini. Melalui kegiatan Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan serta upaya meningkatkan konsumsi ikan sekaligus pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat. Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

Kata kunci : GEMARIKAN, bekal, gizi, olahan ikan air tawar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Almatsier S. 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2014 Tentang Hari Ikan Nasional

Tridhonanto, A. 2010. Meraih Sukses dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gema Insani Press.

KKP. 2018. Gemarikan. https://kkp.go.id/djpt/ppnsungailiat/artikel/6676-gemarikan-gemar-memasyarakatkan-makan-ikan-upaya-peningkatan-gizi-sejak-dini (diakses april 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v3i1.37706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email[email protected]

website : lppkm.untan.ac.id

 

MAPS : 

 

 

View My Stats

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.