TINJAUAN DAYA DUKUNG PELAT BETON BERSIRIP DI ATAS PASIR DENGAN VARIASI KEMIRINGAN SIRIP YANG DIPERKAKU BERDASARKAN UJI PEMBEBANAN

Aprha Syenna, Muhammad Yusuf, Vivi Bachtiar

Abstract


ABSTRAK

 

Infrastruktur sebagai dasar dan fondasi dari segala bidang pembangunan menjadi penting bagi Kota Pontianak yang kini terus berkembang. Maka dalam hal ini, dibutuhkan kualitas dan kuantitas jalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga aktifitas pada perekonomian aksesibilitas dan perpindahan barang serta jasa dapat berjalan dengan optimal. Pembangunan jalan di Kota Pontianak sudah banyak dilakukan dengan penggunaan konstruksi jalan beton. Hal ini dikarenakan konstruksi tersebut mendukung struktur tanah yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bentuk pelat yang memiliki nilai penurunan terendah terhadap beban pada pelat beton di atas pasir dengan variasi kemiringan sirip yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan dengan pengujian secara eksperimental dan dilakukan dengan metode uji pembebanan langsung (loading test).  Pada penelitian tersebut diteliti daya dukung pelat beton bersirip di atas pasir yang memiliki kemiringan berbeda, yaitu 0°, 10°, 20°, 30° dan 40°. Setelah itu hubungkan ke dalam grafik untuk melihat terjadinya penurunan terhadap pembebanan dan lihat mana yang memiliki trend kurva penurunan yang terkecil. Dari pengujian pembebanan didapat hasil sampel yang memiliki penurunan yang paling kecil dengan beban yang relatif sama yaitu sampel dengan kemiringan 30° dan beban sebesar 5,80 kN dan mengalami deformasi sebesar 1,16 mm.

Kata kunci : Kemiringan sirip, Pasir, Pelat beton bersirip, Uji pembebanan

ABSTRACT

 

Infrastructure as the base and the foundation of every constructional aspects is important for a constantly developing city like Pontianak. Therefore, numbers of quality road accesses are needed to fulfill their people’s needs. The main reason is to maintain optimal level of economical accessibilities, distribution of goods and services. Many of road constructions in Pontianak were done by using concrete. The reason was, this kind of construction are suitable with the low soil structure. The aim of this study was to find the appropriate plate which has the lowest rate of degradation against the pressure of the concrete plate on sands with various fin slant. This study was an experimental study and conducted using Loading Test method. The purpose of the study was to find the carrying capacity of finned concrete slab on sands with various skewnesses which were 00, 100, 200, 300, and 400. After gaining the required data, it was converted into a graph to determine any degradation and which has the lowest rate of degradation curve. Based on the loading test, the writer acquired sample with the lowest rate of degradation with relatively similar pressure with the skewness rate of 300 with the pressure of 5,80 kN and having deformation of 1,16 mm.

Key Words: Fin slope, Sand, Finned concrete slab, Test loading

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i3.57244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id