ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA JALAN MAYOR ALIANYANG - JALAN ADI SUCIPTO DAN JALAN MAYOR ALIANYANG - JALAN TANJUNG RAYA II KABUPATEN KUBU RAYA

Andy Sulthan Muhammad, Slamet Widodo, - Sumiyattinah

Abstract


Kabupaten Kubu Raya sebagai daerah yang penunjang Ibu Kota Kal-Bar mengalami pertumbuhan penduduk yang cukup cepat. Bertambahnya pergerakan masyarakat ini selain meningkatkan ekonomi tetapi juga berdampak pada semakin padatnya suatu jalan untuk menampung kendaraan. Untuk mengatasi masalah ini maka peneliti mencoba untuk menganalisa kinerja pada simpang Jalan Mayor Alianyang - Jalan Adi Sucipto dan Simpang Jalan Mayor Alianyang - Jalan Tanjung Raya II. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisa kinerja kedua simpang tersebut dan memberikan solusi alternatif pada kedua simpang tersebut.

Metode yang digunakan yaitu menggunakan analisis simpang bersinyal MKJI 1997 untuk menghitung tingkat layanan simpang pada kondisi eksisting. Setelah ditemukan permasalahan pada simpang selanjutnya yaitu merencanakan solusi alternative pada kedua simpang tersebut.

Pada kondisi eksisting Simpang Jalan Mayor Alianyang - Jalan Adi Sucipto dan Simpang Jalan Mayor Alianyang - Jalan Tanjung Raya II sudah terdapat permasalahan. Akibatnya pada kedua simpang sering terjadi kemacetan pada pagi dan sore hari. Setelah dianalisis kondisi eksisting kedua simpang berada pada tingkat Pelayanan di bawah level D. Setelah dilakukan penanganan kedua simpang maka di dapat hasil dari penanganan pada kedua simpang tersebut menjadi C. alternatif yang dilakukan yaitu mengurangi hambatan samping, merekayasa waktu lalu lintas, dan merekayasa geometri jalan.

Kata Kunci: alternatif penanganan, simpang bersinyal, Vissim.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v7i3.43456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]