EVALUASI DI PERSIMPANGAN JL. PROF. M. YAMIN – JL. AMPERA – JL. HARAPAN JAYA di KOTA PONTIANAK

Erwin Supiatmi, Akhmadali ., Eti Sulandari

Abstract


Kota Pontianak merupakan kota terbesar di Kalimantan Barat, dan juga merupakan salah satu pusat kegiatan perekonomian. Sebagai kota yang sedang berkembang, kota Pontianak mengalami peningkatan yang cukup pesat, baik peningkatan perekonomian maupun pertambahan jumlah penduduk. Dimana pada saat ini giat melaksanakan pembangunan disegala bidang. Persimpangan merupakan titik pertemuan kendaraan dari berbagai arah. Hal ini sering menimbulkan konflik dan hambatan lalu lintas. Permasalahan yang terjadi pada persimpangan yaitu meningkatnya volume kendaraan  yang berpengaruh pada kapasitas persimpangan sehingga tingkat kinerja lalu lintas pada persimpangan tersebut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif penanganan pada persimpangan Jalan Prof. M. Yamin – Jalan Ampera -  Jalan Harapan Jaya

Data volume lalu lintas diperoleh dengan menggunakan vidio dan mencatat secara manual jumlah kendaraan yang melewati lokasi tinjauan. Survey lalu lintas ini dilakukan selama 3 (tiga) hari yaitu dari tanggal 16 Januari 2016 sampai dengan tanggal 18 Januari 2016, yaitu pada hari sabtu, minggu dan senin. Waktu survey dilakukan pada pukul 06.00 – 18.00 WIB dengan interval waktu 1 jam maka didapat Volume Jam Puncak (VJP) pada hari senin jam 15.00-16.00 sebesar 2066 kend/jam. Setelah data diperoleh, selanjutnya dilakukan analisis kinerja lalu lintas simpang tak bersinyal serta perencanaan lampu lalu lintas.

Analisa persimpangan sebelum dilakukan perencanaan lampu lalu lintas diperoleh derajat kejenuhan tahun 2016 = 0,451, tahun 2021 = 0,780, sedangkan tahun 2026 = 0,953, maka perencanaan di lakukan pada tahun 2021 dengan waktu siklus 68 detik, dimana masing-masing sinyal hijau pada kaki simpang Jl. Prof. M. Yamin (B) 12 detik, Jl. Ampera 12 detik, Jl. Prof. M. Yamin (A) 15 detik, Jl. Harapan Jaya 13 detik.

Kata kunci: derajat kejenuhan, jam puncak, sinyal hijau, arus

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v2i2.16134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]