ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL PROGRAM PAKET B DAN PAKET C PADA PUSAT KEGIATAN BELANJAR MASYARAKAT (PKBM) DI KOTA PONTIANAK

NORANI B61110012

Abstract


Penelitian berjudul Analisis Efektifitas dan Efisiensi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Program Paket B dan Paket C pada Pusat Kegiatan Belanajr Mengajar (PKBM)di Kota Pontianak,” ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektifitas dan efisiensi pengelolaan dana bantuan operasional penyelenggaraan Program Paket B dan Paket C pada PKBM di Kota Pontianak.

Jenis penelitian deskriptif dengan  metode kuantitatif dan kualitatif, alat analisis yaitu rasio efektifitas dan efisiensi, variabel penelitian adalah peralatan belajar mengajar, bahan ajar dan SDM (tenaga pengajar). dengan indikator yang ditetapkan berdasarkan petunjuk teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal Kemendikbud, tahun 2009.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua indikator yang digunakan efektif sesuai dengan yang direkomendasikan. Dari 11 indikator, ternyata hanya 6 indikator  yang sesuai dengan yang direkomendasikan (efektif), dan 5 indikator tidak sesuai (tidak efektif). 2) Berdasarkan analisis kuantitatif secara akumulatif  target untuk 8 PKBM dari 11 indikator secara kuantitatif (8 x 11 indikator) maka target skor yang harus dicapai adalah 112 satuan sementara hasil survei adalah 85 satuan, jadi nilai efektifitasnya adalah 75,8%, maka disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah tidak efektif. 3)Penggunaan dana dialokasikan pada tiga kelompok  yakni untuk biaya honor, biaya bahan dan biaya alat. Penggunaan dana untuk honor Rp169,791,67, lebih hemat dari yang direkomendasikan  (Rp228.333,33) dengan tingkat efisiensi 134,47%. Sedangkan tingkat efisiensi untuk bahan 94,02% lebih hemat 5,98% dengan nominal yang direkomendasikan Rp 75.000,- per PKBM per bulan.

Kata Kunci : PKBM, Paket B, Paket C, Efektifitas, Efisiensi.

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.