SEJARAH MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH SEBAGAI SALAH SATU PENDIDIKAN ISLAM TERTUA DI PALEMBANG
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk menganalisis seputar sejarah dari salah satu dari deretan madrasah tertua yang ada di Kota Palembang, Sumatera Selatan yaitu Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan dimana data-data yang termaktub diambil dari perpustakaan seperti buku, artikel jurnal, skripsi, tesis, arsip, paper, disertasi, ensikopedia, dan berbagai jenis literatur lainnya. Perkembangan madrasah di Indonesia dimulai pada abad ke-20 dipelopori oleh para pelajar Indonesia yang baru pulang dari Timur Tengah. Perkembangan madrasah ini menyebar ke seluruh wilayah Indonesia termasuk Kota Palembang. Di Palembang sendiri terdapat deretan madrasah ibtidaiyah tertua, salah satunya Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah. Setelah melakukan penelusuran perpustakaan didapatlah bahwa Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah dibangun pada tahun 14 Januari 1965. Madrasah ini dibangun diatas tanah milik keluarga Kyai Demang Jayalaksana yaitu seorang Kyai yang berjasa dalam penyebaran Agama Islam di Palembang. Selama perkembangannya, madrasah ini mengalami beberapa perbaikan dan perubahan.
Keywords
References
Abdullah, A. (2013). Madrasah Di Indonesia Dari Masa. Paramita, 23(2), 193–207.
Alawiyah, F. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia: Islamic School Education in Indonesia. Jurnal Aspirasi, 5(1), 51–58. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449
Andryani, R. D. (2017). Hubungan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.
Arifai, A. (2018). Pengembangan Kurikulum Pesantren, Madrasah Dan Sekolah. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 13–20. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.27
Ayuningsih, N. (2016). UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NAJAHIYAH PALEMBANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
Baharuddin, I. (2014). Pesantren Dan Bahasa Arab. Jurnal Thariqah Ilmiah, 01(01), 16–30.
Drajat, M. (2018). Sejarah Madrasah Di Indonesia. Journal for Islamic Studies, 1(1), 196–206. https://doi.org/10.5281/zenodo.1161729
Fitri, Y. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
Harahap, N. (2015). PENELITIAN KEPUSTAKAAN Oleh: Jurnal Iqra’, 08(01), 68–73.
Jaya, F. (2017). PESANTREN DAN MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA: Analisa Arah Perkembangan. Tazkiya, 6(2), 1–26. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/205
Kholijah, A. (2016). MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ADEK KHOLIJAH SIREGAR, M.Pd.I ( Dosen PIAUD Fakultas Agama Islam, UMTS ). 1–19.
Komaria, N. (2019). MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 1991-2017 ( KAJIAN SEJARAH. UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.
Masykur, M. R. (2018). Perkembangan Madrasah Di Indonesia. Jurnal Al-Makrifat, 3(2), 31–45.
Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1–8.
Nasir, M. (2017). Sejarah Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah) Di Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 11(24), 1–18. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.8
Pringgar, Rizaldy Fatha ; Sujatmiko, B. (2020). PENELITIAN KEPUSTAKAAN ( LIBRARY RESEARCH ) MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN SISWA Rizaldy Fatha Pringgar Bambang Sujatmiko. It-Edu, 05(1), 317–329. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/37489/33237/
Rhama, S. F. (2016). IMPLEMENTASI PRINSIP MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG]. http://repository.radenfatah.ac.id/eprint/664
Roihan Daulay, M. (2021). Kata Kunci: sejarah; madrasah; indonesia. FORUM PAEDAGOGIK, 12(1), 93–108.
Sakir, M. (2014). PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Cendekia, 12(1), 103–119.
Sari, E. (2015). PENERAPAN METODE BRAINSTROMING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Universitas Islam Negero Raden Fatah Palembang.
Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476
Suryana. (2018). Growth and Development of Madrasah in Indonesia. Almufida, III(01), 34–53.
Suyatno. (2012). DEKONTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SUBSISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Pendidikan Islam, 1(1), 121–138.
Thoha, A. (2011). Sejarah Pendidikan Islam (ke-1). Insan Madani.
Udayana, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Ulum, M. B., & Sholihah, M. (2020). Dasar-Dasar Kebijakan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 1–18. https://doi.org/10.36835/au.v2i2.374
DOI: https://doi.org/10.26418/swadesi.v3i1.50637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SWADESI Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah
Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi Pontianak Kalimantan Barat
Telp. (0561) 740144
E-mail: swadesi@untan.ac.id
SWADESI Jurnal Pendidikan Ilmu Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.