SEJARAH KERAJAAN SIMPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI KARAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Ade Irma Mutakin

Abstract


Salah satu cara mengoptimalkan proses pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar. Tujuan penelitian mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala yang dialami guru dalam menyampaikan sejarah Kerajaan Simpang sebagai sumber belajar pada materi kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Ketapang. Metode penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan sejarah Kerajaan Simpang sebagai materi pengembangan pada materi Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.  Sumber data yang digunakan diperoleh dari narasumber dengan teknik wawancara dan observasi langsung. Perencanaan pembelajaran sejarah Kerajaan Simpang sebagai sumber belajar pada materi kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia sudah tersusun sesuai Silabus dan RPP, dalam pelaksanaan pembelajaran guru lebih dominan menggunakan metode ceramah bervariasi diselingi dengan tanya jawab, dalam evaluasi guru memberikan latihan soal berbentuk  esai dengan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang cukup baik, dan kendala yang muncul dalam proses pembelajaran yaitu keterbatasan sumber buku atau literatur dan  alokasi waktu

Keywords


Kerajaan Simpang, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah

References


Badrika, I. Wayan. (2006). Sejarah untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Idris, Meity H. (2015). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Luxima.

Kusnoto, Yuver., dan Firmansyah, Haris. (2016). “Eksistensi Istana Kerajaan di Kalimantan Barat sebagai Sumber Belajar Sejarah. Jurnal HISTORIA, Vol. 4 (1): 19-28.

Mulia, Gusti Mhd. (2007). Menapak Langkah Kerajaan Tanjungpura. Pontianak: Muara Mas.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, Pembayun. (2003). “Sejarah Berdirinya Kerajaan Simpang”. Jurnal Sejarah dan Budaya Kalimantan, (2): 118-160.

Sulistyorini, Pembayun. (2001). Kerajaan Simpang Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Pontianak: BKSNT Pontianak.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian). Surakarta: Sebelas Maret Press.




DOI: https://doi.org/10.26418/swadesi.v3i1.49823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SWADESI Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi Pontianak Kalimantan Barat
Telp. (0561) 740144
E-mail: swadesi@untan.ac.id 


SWADESI Jurnal Pendidikan Ilmu Sejarah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.