PEMBELAJARAN SEJARAH ASIA BARAT KUNO BERBASIS PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF

Brigida Intan Printina, Anju Nofarof Hasudungan

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam penerapan Paradigma Pedagogi Reflektif serta memanfaatkan media komik dalam perkuliahan Sejarah Asia Barat Kuno. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpukan melalui pengamatan, analisis dokumen dan wawancara dengan mahasiswa di kelas Sejarah Asia Barat Kuno Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Pengujian data dilakukan melalui triangulasi data, triangulasi metode, triangulasi peneliti, dan triangulasi teoritis. Penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang benar dalam penerapan Paradigma Pedagogi Reflektif serta media komik yang menarik pada mata kuliah Sejarah Asia Barat Kuno. Maka, mahasiswa mengalami peningkatan pada aspek 3C yaitu, competence, conscience, compassion. Bagi para civitas akademika, hasil penelitian ini diharapkan dapat mengintegrasikan pengajaran dengan penelitian secara maksimal sehingga manfaatnya dapat dirasakan bersama dan mampu dimaknai sebagai salah satu modal pembangunan bangsa.

Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Paradigma Pedagogi Reflektif, Komik, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Fathoni, B. (2020). REFLECTIVE PEDAGOGY AS HUMANISTIC LEARNING. HISTORIKA, 23(1), 79–91. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/historika.v23i1.41239

Kementerian Riset Teknologi dan PendidikanTinggi. (2019). Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Universitas Sanata Dharma. https://usd.ac.id/lembaga/lpmai/wp-content/uploads/2019/04/2.-Standar-Nasional-Pendidikan-Tinggi-SN-Dikti.pdf

Mediawati, E. (2011). PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN MELALUI MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 11(1). http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1822/pembelajaran-akuntansi-keuangan--melalui-media-komik-untuk-meningkatkan-prestasi-mahasiswa.html

Melissa, M. M. (2017). Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR): Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Pengetahuan dan Karakter (Issue November). https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/s1pkim/f1l3/Paradigma Pedagogi Reflektif %28PPR%29-Margaretha.pdf

Pratini, H. S. (2016). IMPLEMENTASI PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN COMPETENCE, CONSCIENCE, DAN COMPASSION MAHASISWA. Elementary School, 3(1), 108–113. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v3i1.372

Prodi Pendidikan Sejarah USD. (2002). Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/pen_sejarah/daftar.php?id=profile&noid=45&offset=0

Qasim, M., & Maskiah. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 04(3), 484–492. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7365

Sulaiman, S. (2012). Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1), 9–21. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/lontar/article/download/2373/1816/

Sutopo, H. . (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Tori dan Terapannya dalam Penelitian Pendidikan Edisi Kedua. Universitas Sebelas Maret.

Umasih, U. (2012). Evaluasi Pembelajaran Sejarah Pada Sma Negeri Di Dki Jakarta. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2122

Universitas Sanata Dharma. (1955). Visi Misi Universitas Sanata Dharma. Www.Usd.Ac.Id. https://www.usd.ac.id/visimisi.php

Wijoyo, Y., Dwiprahasto, I., & Rahayu, G. R. (2016). Pengembangan Strategi Pembelajaran berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif untuk Meningkatkan Kompetensi Farmakoterapi dan Keterampilan KIE Mahasiswa Profesi Apoteker. Repository.Ugm.Ac.Id. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/94666

Yuliyanto, E., Hidayah, F. F., Istyastono, E. P., Wijoyo, Y., & Hartayu, T. S. (2017). Keunggulan Pembelajaran Reflective Pedagogy Paradigm ( Rpp ) Untuk Perbaikan Proses Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 18–22. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/download/2971/2892




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.43063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SWADESI Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi Pontianak Kalimantan Barat
Telp. (0561) 740144
E-mail: swadesi@untan.ac.id 


SWADESI Jurnal Pendidikan Ilmu Sejarah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.