PENGEMBANGAN MODUL BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS PERJUANGAN MASYARAKAT TENGARAN SELAMA REVOLUSI FISIK UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME

Dimas Anggoro, Wasino Wasino, Sariyatun Sariyatun

Abstract


Bahan ajar sejarah lokal yang berhasil dikembangkan adalah sebuah modul berjudul “Sejarah Perjuangan Masyarakat Tengaran selama Revolusi Fisik 1947-1949”. Desain pengembangan modul menggunakan model ADDIE yang meliputi lima langkah : analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pakar pembelajaran dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dan guru mata pelajaran sejarah Indonesia dari SMA Negeri 1 Tengaran memberi nilai terhadap modul pada aspek media sebesar 51 atau 92,72% (sangat baik) dan aspek materi sebesar 46,5 atau 93% (sangat baik). Modul diujicobakan kepada 35 siswa terbukti dapat dibelajarkan sebagai materi sejarah Indonesia pada pembahasan tentang Revolusi Nasional Indonesia. Uji efektifitas modul terhadap peningkatan nasionalisme menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen melalui uji pretest dan posttest pada dua kelompok berbeda (kelompok eksperimental dan kontrol). Hasil uji beda (independent sample t test) menunjukan adanya perbedaan efek penggunaan bahan ajar terhadap peningkatan nasionalisme siswa mencapai 25,17% dengan nilai probabilitas = 0,00 lebih kecil daripada alpha = 0,05. Modul terbukti memberi pengaruh lebih besar terhadap peningkatan nasionalisme siswa dibanding bahan ajar konvensional (handout) dengan skor rerata posttest nasionalisme kelas eksperimen sebesar 85,53 (sangat baik) sedangkan kelas kontrol 77,00 (baik).

Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, Sejarah Lokal, Nasionalisme Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggoro, Dimas. 2014. “Peran Masyarakat Tengaran dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Tengaran 1947-1949”. Skripsi. Salatiga: Progdi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana.

Bage, Grant. 2002. Naratif Matters: Teaching and Learning History though Story. New York: Falmer Press.

Daryanto dan Aris Dwi Cahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dhamija, Neelam dan Kanchan Ms. 2014. Effectiveness of Self Learning Moduleson the Achievement and Retention of Undergraduate Students in Commerce. Educationia Confab. Vol. 3, No. 2. 26-32.

Clayton, Karen, Fran Blumberg dan Daniel P. Auld. 2010 The Relationship between Motivation, Learning Strategies and Choice of Environment whether Traditional or Including An online Component. British Journal of Educational Technology. Vol. 41, No. 3. 349 364.

Dick, Walter dan Carey, Lou. 1985. The Systematic Design of Instruction. 2nd ed. Glenview: Scott, Foresman & Co. Publication.

Faiella, Filomena. 2013. Interactive White Board and Knowledge Building in Class. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning.Vol. 10, No. 8. 37- 42.

Fentim, Darkwa Bernard. 2014. An Investigation of Teaching and Learning Resources/Materials Used in Financial Accounting Lessons in SHS in Sunyani Municipalty. International Journal of Research in Social Sciences. Vol. 4, No. 2. 84 92.

Fernández, Antoni Santisteban. 2013. Teaching the history of Catalonia: past, present and ‘futures’. International Journal of Historycal Learning Teaching and Research .Vol. 11, No. 2. 34-43.

Gestsdóttir, Margrét. 2013. The Challenges of History Education in Iceland. International Journal of Historycal Learning Teaching and Research .Vol 11, No. 2. 98-110.

Hashemi, Mansoureh dan Pourgharib, Behzad. 2013. The Effect of Visual Instructions on New Vocabularies Learning. International Journal of Basic Sciences & Applied Research. Vol. 2, No. 6. 623-627.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, cet 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Aditya Media.

____________. 2003. Multidimensi Pembangunan Bangsa Etos Nasionalisme dan Negara Kesatuan. Yogyakarta: Kanisius

____________. 2014: Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Kemendikbud. 2014. Sejarah Indonesia/ Buku Guru. Jakarta: Kementerian dan Kebudayaan.

Latcheva, Rossalina. 2010. Nationalism versus Patriotism, or the Floating Boarder? National Identification and Ethnic Exclusion in Post communist Bulgaria. Journal of Comparative Research in Anthropology and Sociology. Vol 1, No 2. 187-215.

Larawan, Lucell. 2013. Acceptability of Teacher Made Modules in Production Management. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR). Vol. 1, Issue 2. 10-22.

Macarandang, Mercedes A. 2009. Evaluation of A Proposed Set of Modules in Principles and Methods of Teaching. E International Scientific Research Journal. ISSN: 2094 1749 Vol 1, Issue 1. 1-24.

Martin, Florence, dkk., 2013. Development of an Interactive Multimedia Instructional Module. The Journal of Applied Instructional Design. Vol 3, Issue 3. 5-17.

Naval, D.J., 2014. Development and Validation of Tenth Grade Physics Modules Based on Selected Least Mastered Competencies. International Journal of Education and Research. Vol. 2, No. 12. 145 152.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Diunduh dari www.unm.ac.id/files/.../pp-19tah un-2005-ttg-snp.pd. Pada 14/07 /2015.

Padmapriya P.V. 2015. Effectiveness of Self Learning Modules Achievement in Biologi Among Secondary School Students. International Journal of Education and Psycological Research. Vol. 4, Issue 2. 44-16.

Pranoto, Suhartono. W. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.

Rocher, François. 2002. The Evolving Parameters of Quebec Nationalism. International Journal on Multicultural Societis, Vol 4, No. 1. 1-21.

Rustam. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, edisi kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiq, Sadia dan Zamir, Shazia. 2014. Effectivenes of Modular Approach in Teaching at Universty Level. Journal of Education and Practice. Vol. 5, No. 17. 103-109.

Sharan, Shlomo. 2009. Handbook of Cooperatif Learning Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran untuk Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas. Edisi terjemahan oleh Sigit Prawoto. Yogyakarta: Imperium.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Edisi terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective (Teori teori Pembelajran: Perspektif Pendidikan) Edisi Keenam. Edisi terjemahan oleh Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stokes, Suzanne. 2002. Visual Literacy in Teaching and Learning A Literature Perspective. Electronic Journal for the Integration of Technology in Education. Vol. 1, No. 1. 10-19.

Sugeng Priyadi. 2014. Sejarah Lokal, Konsep, Metode, dan Tantangan. Yoedgyakarta: Ombak.

Sujarwo. 2014. Model-model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tanner, M. Julee. 2014. Digital vs. Print: Reading Comprehension and the Future of the Book. iSchool Student Research Journal. Vol. 4, Issue 2. 1-12.

Tsyrlina, Tatyana, Spady dan Michael Lovorn. 2015. A Curriculum of Ideology: Use and Abuse of Modern History Education in Russia and the United States.International Dialogues on Education. Vol.2, No. 2. 161-171.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari luk.staff.ugm. ac.id/atur/UU202003Sisnas.pdf. pada 14/ 07 /2015.

Voronkova, Anastasia dan Mansour Dina. 2015. Introduction: Nationalism and Belonging. Studies in Ethnicity and Nationalism. Vol. 15, No. 1, 1- 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.35944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SWADESI Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi Pontianak Kalimantan Barat
Telp. (0561) 740144
E-mail: swadesi@untan.ac.id 


SWADESI Jurnal Pendidikan Ilmu Sejarah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.