PENGEMBANGAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING

Edy Tandililing

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan kemampuan koneksi matematis dan komunikasi matematis siswa, ditinjau berdasarkan pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan rancangan kuasi eksperimen dengan disain eksperimen perbandingan kelompok statik. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching, sedangkan kelompok kontrol pembelajarannya secara konvensional atau pembelajaran biasa.Penelitian ini melibatkan60 siswa kelas 3 SMA Negeri yang berada pada  kelompok atas berdasarkan peringkat sekolah. Analisis data dalam pengujian hipotesis digunakan uji statistik yang sesuai dengan menggnakan pengolan data SPSS  dengan terlebih dahulu menghitung normalitas data dan variansi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan pendekatan reciprocal teaching mempunyai kemampuan koneksi dan komunikasi matematis lebih baik bila dibandingkan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, baik ditinjau secara pendekatan pembelajaran maupun berdasarkan kemapuan awal matematis (KAM) siswa  (2) terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran (reciprocal teaching, konvensional) terhadap kemampuan  koneksi dan komunikasi matematis siswa; (3) terdapat assosiasi antara  kemampuan koneksi dan komunikasi matematis.

Kata Kunci :  koneksi matematis, komunikasi matematis, dan reciprocal teaching


Full Text:

Hal. 151-160 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.