PENERAPAN MODEL KOOPERATIF MELALUI LESSON STUDY IPA

Titin . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Azhar 17 Pontianak dengan menerapkan model kooperatif melalui lesson study pada materi system pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif melalui lesson study. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri atas tiga tahapan yaitu perencanaan (plan), implementasi (do) dan refleksi (see). Subjek penelitian terdiri dari 17 orang dengan jumlah laki-laki 8 orang dan perempuan 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 99.17  dan pada siklus II sebesar 87.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study dapat mencapai indicator kinerja yang diharapkan yakni mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75.

Kata kunci:hasil belajar, lesson study


Full Text:

HAL: 556-565 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.