PENGEMBANGAN INSTRUMEN KINERJA GURU IPA DALAM MEMBUAT PENILAIAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP KOTA PONTIANAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen kinerja Guru IPA membuat penilaian pembelajaran Biologi yang valid dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan menggunakan dua tahapan. Tahapan pertama berupa studi pendahuluan, dan yang kedua ujicoba. Instrumen yang dikembangkan dalam bentuk tes kinerja dengan jumlah 18 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada studi pendahuluan dianalisis secara teoritis yaitu divalidasi oleh dua orang pakar tentang materi, konstruksi, dan bahasa. Penilaian pakar dianalisis dengan menggunakan formula Gregory diperoleh VIhitung > VItabel (0,833 > 0,70) yang berarti instrumen layak digunakan. Selanjutnya instrumen divalidasi oleh sepuluh orang panelis yang dianalisis dengan rumus Lawshe diperoleh CVRhitung > CVRtabel (0,98 > 0,62) sehingga dapat disimpulkan instrumen layak digunakan. Pada tahap ujicoba dilakukan secara empiris kepada 71 orang guru IPA-Biologi yang dipilih secara random, dianalis dengan rumus korelasi Pearson Product Moment hasilnya menunjukkan bahwa semua butir (instrumen nomor 1 sampai dengan 18) dinyatakan valid. Untuk reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan rumus Alpha Cronbach’s diperoleh hasil r hitung = 0, 804 tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, instrumen yang dikembangkan secara ilmiah telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sehingga sudah layak digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja guru IPA membuat penilaian dalam pembelajaran Biologi di SMP Kota Pontianak.
Kata kunci: pengembangan instrumen, kinerja guru IPA membuat penilaian
Full Text:
HAL: 528-535 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.