PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PENGAJARAN LARUTAN ASAM DAN BASA BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Abstract
Pengembangan modul pembelajaran inovatif pada pengajaran larutan asam dan basa berdasarkan kurikulum 2013 akan dijelaskan dalam tujuan paper. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan prestasi siswa pada pengajaran asam dan larutan basa. Penelitian ini dilakukan pada SMA Sekolah Negeri 1 di Bamban melalui pengajaran siswa dengan menggunakan modul pembelajaran interaktif untuk kelas eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kontrol yang kelas yang diajarkan oleh ajaran konvensional. Modul pembelajaran inovatif dapat meningkatkan prestasi siswa dalam asam dan basa mengajar hasil solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari membandingkan pencapaian siswa dengan menggunakan modul pembelajaran interaktif (M = 85,90 ± 5,03) lebih tinggi dari prestasi siswa dengan menggunakan metode konvensional (M = 74,09 ± 7,34), kedua kelas berbeda secara signifikan (ttest 6,22 > ttabel 1, 290) . itu berarti bahwa modul pembelajaran kimia yang inovatif memberikan kontribusi dalam meningkatkan prestasi siswa pada siswa kelompok tinggi. peningkatan rata-rata persentase pencapaian siswa kelompok tinggi yang diberikan modul kimia adalah 30,06%.
Katakunci : inovatif bersandar modul, asam dan basa, prestasi siswa, efektivitas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.