PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA PRODI KIMIA DI FKIP UNIVERSITAS JAMBI
Abstract
Berdasarkan kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi, Kesetimbangan Kimia merupakan materi pokok bahasan yang sangat penting dalam Kimia Fisika II yang merupakan salah satu mata kuliah yang tergabung dalam kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK). Banyak mahasiswa yang kurang antusias dan kurang berminat mempelajarinya, yang ditandai dengan rendahnya kreatifitas dan kemampuan komunikasi mahasiswa serta hasil belajar yang mereka peroleh tidak memuaskan. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi Kesetimbangan Kimia, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk mahasiswa prodi kimia pada materi Kesetimbangan Kimia. Model pengembangan pembelajaran ini termasuk di dalamnya pengembangan perangkat pembelajaran Kesetimbangan Kimia yang berbasis pendidikan karakter pada Pendidikan Tinggi di Prodi Kimia FKIP Universitas Jambi. Pelaksanaan pembelajaran materi ini menggunakan model berbasis pendidikan karakter ternyata sangat berhasil. Oleh karena itu, Pembelajaran materi Kesetimbangan Kimia perlu menerapkan model ini. Model pembelajaran ini, mampu menggali kemampuan individual mahasiswa serta menimbulkan daya tarik, sehingga dapat melahirkan motivasi bagi mahasiswa dalam meningkatkan kreatifitas, kemampuan komunikasi, prestasi dan hasil belajarnya.
Kata kunci: Kesetimbangan Kimia, model pembelajaran, pendidikan karakter
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.