PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PENGAJARAN SISTEM KOLOID

Seruni Olivia Gita R.

Abstract


Pengembangan media power point dengan menggunakan Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pengajaran sistem koloid dijelaskan dalam makalah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi belajar mengajar siswa yang diajarkan oleh pembelajaran kontekstual dalam sistem koloid melalui media power point yang diharapkan dapat membuat siswa lebih tertarik dengan topik ini. Penelitian ini dilakukan pada SMA di Medan melalui pengajaran siswa dengan Pembelajaran Kontekstual dengan menggunakan Media Power Point untuk kelas eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kontrol yang kelas yang diajarkan oleh ajaran konvensional. Pembelajaran Kontekstual dengan menggunakan Media Power Point dapat meningkatkan prestasi siswa dalam mengajar sistem koloid. Hasil penelitian menunjukkan dari membandingkan bahwa prestasi siswa dengan Pembelajaran Kontekstual menggunakan Media Power Point  (M = 74,35 ± 6,18) lebih tinggi dari kelas kontrol (M = 63,70 ± 4,78), di mana kedua kelompok yang berbeda nyata (ttes 7,45> ttabel 1,31). Dapat disimpulkan bahwa ajaran sistem koloid dengan Pembelajaran Kontekstual menggunakan Media Power Point dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam belajar. Selain itu, dengan menggunakan Pembelajaran Kontekstual dan dengan diterapkannya Media Power Point di kelas lebih efektif daripada menggunakan metode konvensional.

Katakunci: Pembelajaran Kontekstual, Media Power Point, Sistem Koloid.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.