EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA PENGAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Abstract
Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA pada pengajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan dijelaskan dalam tulisan ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan PBL dan model pembelajaran kooperatif untuk meeningkatkan prestasi siswa dalam materi. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA di Medan melalui perbandingan pengajaran siswa menggunakan PBL dan pembelajaran kooperatif untuk kelas eksperimen dengan pengajaran melalui metode konvensional untuk kontrol kelas. PBL dengan model pembelajaran kooperatif ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan. Dapat diketahui melalui hasil penelitian menunjukan perbandingan prestasi siswa kelas eksperimen (M= 87,839,7333) lebih tinggi dari prestasi siswa dengan menggunakan metode konvensional (M = 65,26667 35,46667), dan kedua kelas berbeda secara signifikan (thitung 9,87 > ttabel 1,7). Hal ini dapat di simpulkan bahwa pengajaran melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif lebih effektif meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran melalui metode konvensional dalam pengajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan. Dan dapat ditunjukkan melalui perbedaan nilai rata-rata nilai kelas eksperimen dengan kelas kontrol, juga besarnya nilai thitung dibandingkan ttabel.
Katakunci : PBL, pembelajaran kooperatif , kelarutan, dan hasil kali kelarutan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.