PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA PENGAJARAN LARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA

Rahmat Nauli, Ani Sutiani

Abstract


Pengembangan Pembelajaran berbasis inkuiri diperlukan untuk meningkatkan pembelajaran berbasis aktifitas mahasiswa, pembelajaran bermakna dan meningkatkan motivasi dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengajaran larutan yang inovatif pada mata kuliah kimia  Umum. Jenis Penelitian adalah penelitian  Reseach dan Development yang dilakukan di kelas Biologi reguler dan kelas Fisika Bilingual, FMIPA Unimed. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan materi kimia larutan, kisi-kisi dan RPP berbasis inkuiri,  mengembangkan media peta konsep pada model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran, serta implementasi model inkuiri dengan bantuan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi kimia larutan. Dari hasil penelitian diperoleh dokumen materi yang berhubungan dengan pembelajaran Inkuiri, kisi-kisi materi dan kompetensi, media peta konsep, pengajaran larutan berbasis inkuiri dengan bantuan peta konsep yang mampu membangun kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah serta kreatifitas mahasiswa. Data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan peta konsep mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa di setiap kelompok mahasiswa dengan kemampuan relatif tinggi, sedang maupun rendah, baik di kelas Biologi reguler maupun kelas Fisika Bilingual.

Kata Kunci : Pembelajaran Inkuiri,  Peta Konsep,  Kompetensi Mahasiswa, Larutan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.