ANALISIS FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI HIDROKARBON DI SMAN 3 KOTA JAMBI

Muhammad Haris Effendi, Fatria Dewi, Fuldiaratman

Abstract


Kurikulum sains merekomendasikan guru untuk menerapkan model-model pembelajaran koperatif seperti jigsaw ketika mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, keberhasilan dalam menerapkan model belajar ini dipengaruhi oleh beberapa kendala. Maka, artikel ini melaporkan faktor-faktor penentu keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi hidrokarbon di SMAN 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Proses pembelajaran materi hidrokarbon hanya melibatkan satu kelas 11 yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, angket dan wawancara. Selanjutnya, metode triangulasi digunakan saat mengambil kesimpulan. Hasil analisis terhadap data observasi memperlihatkan bahwa selama 3 kali pertemuan siswa berhasil melaksanakan model pembelajaran jigsaw dengan keberhasilan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut berimplikasi terhadap tingkat aktifitas siswa yang juga beragam. Beberapa faktor teramati mempengaruhi jalannya proses pembelajaran yang meliputi kesiapan siswa baik dalam hal pedagogy maupun interpersonal skill, managemen kelas, dan sarana belajar. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa model-model pembelajaran koperatif seperti jigsaw perlu diadaptasi agar sesuai dengan kondisi pendidikan setempat sebelum digunakan. Selanjutnya, hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya melakukan penelitian lanjutan dalam usaha mencari strategi yang tepat untuk menerapkan jigsaw di daerah seperti Kota Jambi.

Kata kunci: pembelajaran koperatif, jigsaw, kendala, negara berkembang, kimia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.