PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BERDASARKAN INKUIRI DENGAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PENGAJARAN HIDROLISIS GARAM
Abstract
Penerapan model pembelajaran permainan berdasarkan inkuiri dengan animasi untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pengajaran hidrolisis garam dijelaskan. Penelitian ini bertujuan memenuhi pengetahuan siswa melalui implementasi model pembelajaran permainan berdasarkan inkuiri dengan animasi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Medan melalui pengajaran siswa dengan model permainan berdasarkan inkuiri untuk grup eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan grup kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Model pembelajaran permainan berdasarkan inkuiri dengan animasi ternyata dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran hidrolisis garam. Dapat dilihat dari hasil penelitian menunjukkan perbandingan prestasi siswa yang menggunakan permainan berdasarkan inkuiri dengan media animasi (M=75±10,87) lebih tinggi dari prestasi siswa dengan metode konvensional (M=62.5±10,55), dan kedua grup berbeda signifikan (ttest2,85>ttable1,36). Dapat disimpulkan bahwa pengajaran Hidrolisis garam menggunakan model permainan berdasarkan inkuiri dengan animasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam belajar. Selanjutnya, menggunakan model pembelajaran permainan berdasarkan inkuiri dengan animasi di grup eksperimen jauh lebih efektif daripada menggunakan metode konvensional yang biasa diajarkan dewasa ini, dan ditunjukkan dari perbedaan nilai rata-rata yang didapat dari grup eksperimen dan grup kontrol, juga besarnya nilai dari ttest dibandingkan dengan nilai dari ttabel.
Katakunci: permainan berdasarkan inkuiri, animasi, hidrolisis garam, SMA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.