ANALISIS KECENDERUNGAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI SISTEM KOLOID DI SMA KERINCI

Latisma Dj, Rahmi Laila Fitri, Indang Dewata

Abstract


Gaya belajar (learning style) adalah  suatu cara konsistensi individu untuk mengkonstruk pengetahuan. Gaya belajar merupakan kombinasi dari menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diperoleh.   Jika pendidik bisa memahami bagaimana perbedaan gaya belajar setiap peserta didik, maka akan lebih mudah bagi pendidik untuk menyampaikan pelajaran sehingga memberikan pemahaman yang maksimal bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengungkapkan kecenderungan pemahaman konsep siswa pada materi sistem koloid   ditinjau dari gaya belajarnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif,   dilakukan di kelas XI  salah satu SMA di Kerinci. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa adalah angket gaya belajar Kolb, sedangkan konsepsi siswa diukur dengan menggunakan tes pertanyaan terbuka dan wawancara. Pemahaman konsep siswa dikategorikan pada paham, paham sebahagian, miskonsepsi dan tidak paham. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa  dari 4 kategori gaya belajar, 45,28% siswa memiliki gaya belajar assimilasi, 32,08 % memiliki gaya belajar divergen, 16,98 % memiliki gaya belajar konvergen dan 5,66%  memiliki gaya belajar akomodasi. Pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar assimilasi, 13,2 % berada pada kategori paham dan 18,4 % miskonsepsi. 11,76% siswa divergen berada pada kategori paham dan 18,63% miskonsepsi. 10,19% siswa konvergen berada pada kategori paham dan 18,52% miskonsepsi dan 44,44%  pemahaman konsep siswa akomodasi berada pada kategori tidak paham.

Kata Kunci :  gaya belajar, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.