PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PENGAJARAN RADIOISOTOP
Abstract
Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada pengajaran radioisotop dijelaskan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan media pembelajaran yang baik dan standar dalam mengajarkan radioisotof terhadap siswa SMA. Penelitian dilakukan melalui pengayaan materi radioisotop, dilanjutkan dengan penyusunan media pembelajaran dalam bentuk powerpoin dan macroflash untuk mengintegrasikan contoh aplikasi radioisotop yang relevan terhadap materi kimia radioisotop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pelajaran radioisotop telah disusun dengan baik. Standarisasi bahan ajar telah dilakukan dan guru setuju dengan media hasil pengembangan. Bahan ajar dan media dibuat di dalam CD sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran secara offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelompok eksperimen yang diberikan pengajaran radioisotop menggunakan media pembelajaran hasil pengembangan (M = 82,4) lebih tinggi dari kelas kontrol (M = 75,8). Media pembelajaran hasil pengembangan dapat menolong siswa untuk belajar mandiri setiap saat tanpa dibatasi waktu dan fasilitas yang tersedia di dalam media memotivasi siswa belajar kimia.
Kata kunci: Media pembelajaran, radioisotop, hasil belajar, kimia SMA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.