PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA PENGAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA
Abstract
Penerapan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dengan menggunakan media berbasis komputer untuk meningkatkan prestasi siswa pada pengajaran kesetimbangan kimia dijelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa melalui penerapan strategi CTL dengan menggunakan media berbasis komputer dalam belajar kesetimbangan kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA Markus Medan melalui pengajaran siswa dengan penerapan strategi CTL dengan media berbasis komputer untuk kelas eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kelas kontrol yang diajarkan dengan strategi CTL tanpa media komputer. Strategi pembelajaran CTL dengan media komputer ternyata dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran kesetimbangan kimia. Dapat dilihat dari hasil penelitian menunjukkan perbandingan prestasi siswa pada kelas eksperimen (M=70,5±8,25) lebih tinggi dari prestasi siswa pada kelas kontrol (M=56,5±11,82), dan kedua kelas berbeda secara signifikan (ttest4,34>ttabel1,33). Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengajaran Kesetimbangan Kimia dengan strategi CTL menggunakan media komputer dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam belajar. Selanjutnya dengan menggunakan strategi CTL dengan media komputer jauh lebih efektif daripada menggunakan strategi CTL tanpa media , dan dapat ditunjukkan dari berbagai perbedaan nilai rata-rata yang didapat dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, juga besarnya nilai ttest dibandingkan dengan nilai ttabel.
Kata Kunci : strategi pembelajaran kontekstual (CTL), media komputer, kesetimbangan kimia, SMA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.