PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA DENGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF PADA MATA KULIAH BIOKIMIA

Iceng Hidayat, Bety Lesmini

Abstract


Permasalahan mahasiswa pada perkuliahan Biokimia adalah rendahnya keterampilan pemecahan masalah. Penerapan metode belajar aktif dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan terdiri dari tiga siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi per siklusnya. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Kimia PMIPA yang mengikuti perkuliahan Biokimia tahun akademik 2014/2015. Temuan penelitian membuktikan bahwa belajar aktif dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa, motivasi dan aktivitas belajar, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pendapat mahasiswa mendukung penggunaan metode belajar aktif untuk terus dipakai tidak hanya pada mata kuliah Biokimia, juga pada mata kuliah lainnya. Dosen perguruan tinggi disarankan untuk menerapkan metode belajar aktif ini pada mata kuliah masing-masing.

Kata kunci: strategi belajar aktif, keterampilan memecahkan masalah dan biokimia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.