PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PADA MATERI LAJU REAKSI DI PRODI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Haryanto Haryanto

Abstract


Proses penilaian yang biasa dilakukan selama ini hanya mampu menggambarkan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam aspek kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian afektif pada materi laju reaksi yang mencakup lima karakteristik yaitu aspek sikap, minat, konsep diri, nilai, dan moral. Penelitian ini menghasilkan produk berupa perangkat instrumen penilaian pada materi laju reaksi yang valid menurut ahli.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan desain, lembar observasi penilaian afektif dan angket penilaian diri mahasiswa.Validasi dilakukan oleh satu orang ahli materi dan desain dengan nilai baik.Setelah perangkat divalidasi dan direvisi, maka selanjutnya dilakukan implementasi pada mahasiswa semester genap tahun 2014/2015. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap penilaian afektif aspek sikap, minat, konsep diri, diperoleh penilaian selama satu kali pertemuan dengan kategori amat baik 2,82 %, baik 55,55%, cukup baik 33,33% dan kurang baik 8,3%.Pada asfek nilai kategori amat baik 86,11 %, baik 13,88%, cukup baik, kurang baik dan tidak baik 0 % selanjutnya asfek  moral diperoleh kategori amat baik 83,33 %, baik 16,66%, cukup baik, kurang baik dan tidak baik 0%. Kesimpulannya adalah instrumen penilaian afektif yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur aspek afektif mahasiswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen, Penilaian Afektif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.