ANALISIS ASPEK KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI KELAS X SMA DHARMA BHAKTI 4 JAMBI
Abstract
Kurangnya motivasi dan minat belajar siswa saat proses pembelajaran disebabkan pembelajaran lebih berpusat pada guru, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya kemampuan kognitif siswa. Rendahnya aspek kognitif siswa ini juga disebabkan oleh guru yang jarang sekali mengukur kemampuan siswa pada tingkat tinggi salah satunya pada saat penyusunan instrumen tes yang hanya mengukur kemampuan pada tingkat rendah yaitu mengingat dan memahami. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut dilakukan pembenahan pada proses pembelajaran dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) serta dengan cara memberi soal-soal latihan yang mengukur kemampuan tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai aspek kognitif siswa dalam pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model Think Pair Share di kelas X SMA Dharma Bhakti 4 Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif partisipan. Data diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa kemudian dianalisis aspek kognitif. Berdasarkan analisis, diperoleh rata-rata hasil pencapaian aspek kognitif pada kemampuan mengingat (C1) tergolong sangat baik (83,33), kemampuan memahami (C2) tergolong sangat baik (83,33), kemampuan mengaplikasi (C3) tergolong baik (66,66), sedangkan kemampuan menganalisis (C4) tergolong cukup (50,00). Hasil analisis data didapatkan nilai rata-rata keseluruhan siswa setelah mengikuti pembelajaran yaitu 73,23% dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan aspek kognitif siswa di kelas X SMA Dharma Bhakti 4 Jambi tergolong baik, dalam hal ini kemampuan aspek kognitif siswa dikategorikan baik dengan penerapan model Think Pair Share.
Kata kunci: Analisis, Aspek Kognitif , Model Pembelajaran Think Pair Share
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.