EFEKTIVITAS MEDIA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE CONTOH DAN NON CONTOH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PENGAJARAN ASAM-BASA

Fridayuni Simanjuntak

Abstract


Efektivitas media berbasis komputer dengan metode contoh dan non contoh untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pengajaran asam-basa dijelaskan dengan metode menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran dan kecenderungan menggunakan media berbasis komputer dalam pengajaran.Penelitian ini terdiri dari pengembangan berbasis media komputer dengan metode contoh dan non contoh, standarisasi media dan implementasi media dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Markus Medan XI-IPA. Populasi adalah semua XI-IPA 1 dan XI-IPA 2. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelas secara acak, kelas eksperimen di XI-IPA 2 dan kelas kontrol dalam XI-IPA 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berprestasi setelah proses mengajar, nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen adalah (M = 77,14 ± 10,45) sedangkan untuk kelompok kontrol adalah (M = 69,71 ± 14,03) dan kedua kelas berbeda secara signifikan (ttest > ttabel = 2,511 > 1,669). Persentase efektivitas kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 75 % dikategorikan cukup. Dapat disimpulkan bahwa media komputer telah efektif untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pengajaran asam-basa.

Katakunci: Efektivitas, Media Berbasis Komputer, Contoh dan Non Contoh , Metode,  Asam-Basa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.