PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM INOVATIF DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID
Abstract
Perkembangan panduan inovatif praktikum sangat penting karena diketahui bahwa pengajaran yang inovatif mampu memotivasi siswa. Variasi metode pengajaran ini dapat membuat mereka kompetensi tidak hanya dalam konsep tetapi juga dalam praktikum. Ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang sistem koloid yang menggunakan panduan praktikum inovatif dengan laboratorium virtual yang mengarah pada peningkatan prestasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Panca Budi, Sumatera Utara, pada akademik 2014/2015. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan panduan inovatif praktikum dengan laboratorium virtual dan kelas kontrol diajarkan dengan praktikum biasa. Prestasi belajar siswa diukur dengan menggunakan satu set standar pilihan ganda melalui kemampuan mereka untuk menjawab masalah kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan panduan inovatif praktikum dengan laboratorium virtual (M = 74,0 ± 6.81) ditemukan lebih tinggi dibanding kelas kontrol (M = 64,5 ± 8.87), dan keduanya berbeda secara signifikan (thitung 3,80> ttabel 2.10). Alasan untuk fakta ini adalah karena menggunakan panduan inovatif praktikum dengan laboratorium virtual memberikan cara yang inovatif dan menarik yang baru dalam belajar.
Keyword: Prestasi Siswa, Panduan Praktikum Inovatif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.