PENGEMBANGAN KIT PRAKTIKUM DAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA
Abstract
Laboratorium di sekolah sangat penting dalam menunjang pembelajaran kimia, untuk membuktikan teori dan konsep kimia melalui praktikum. Saat ini masih ada sekolah yang jarang melakukan praktikum. Beberapa faktor penyebabnya yaitu terbatasnya laboratorium kimia yang ada, alat dan bahan praktikum tidak lengkap, dan lain-lain. Untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran melalui praktikum perlu dikembangkan suatu alternatif alat peraga praktikum agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Pengembangan ini bertujuan untuk merancang dan membuat kit praktikum laju reaksi dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan untuk menguji kelayakan penggunaan kit praktikum laju reaksi dan LKPD dalam pembelajaran. Pengembangan ini mengikuti model 4D yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluaskan. Desain kit divalidasi oleh tim ahli kit praktikum, ahli media pembelajaran dan ahli materi serta diadakan uji coba kelompok kecil. Hasil dari pengembangan adalah produk berupa kit praktikum laju reaksi dan LKPD. Hasil validasi dari ahli kit praktikum adalah baikĀ (skor 78), ahli media adalah baik (skor 92) dan ahli materi adalah baik (skor 90). Skor penilaian guru yang diperoleh adalah sebesar 121 yang memiliki tingkat validasi baik. Respon siswa terhadap kit praktikum laju reaksi dan LKPD sebesar 89,31% (sangat baik). Kit praktikum laju reaksi dan LKPD dikategorikan baik, menarik, dan layak digunakan dalam pembelajaran
Katakunci: kit praktikum, model 4D, laju reaksi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.