PERKEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PENGAJARAN STOIKIOMETRI

Descey Natalia Simbolon

Abstract


Perkembangan modul pembelajaran interaktif dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan prestasi siswa pada pengajaran stoikiometri akan dijelaskan dalam tulisan ini. Tujuan penelitian ini adalah memenuhi pengetahuan siswa melalui modul pembelajaran interaktif dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan pada SMA di Medan melalui pengajaran siswa dengan modul pembelajaran interaktif dan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk kelas eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kelas control yang diajarkan dengan metode pengajaran konvensional. Modul pembelajaran interaktif dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pengajaran stoikiometri. Hasil penelitian yang menunjukkan perbandingan prestasi siswa dengan modul pembelajaran interaktif dengan model pembelajaran berbasis masalah (M= 70±7,94) lebih tinggi dari prestasi siswa yang menggunakan metode konvensional (M= 52±7,67), dan kedua kelas berbeda secara signifikan (ttest 2,773 > ttable 1,33). Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa pengajaran Stoikiometri dengan modul pembelajaran interaktif dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi dan prestasi dalam belajar. Selanjutnya, dengan menggunakan modul pembelajaran interaktif dengan model pembelajaran berbasis masalah di kelas lebih efektif daripada menggunakan metode konvensional dan dapat ditunjukkan dari berbagai perbedaan nilai rata-rata yang didapat dari kelas eksperimen dan kelas control, juga besarnya nilai dari ttest dibandingkan dengan nilai dari ttable.

Kata Kunci : Pembelajaran Interaktif, Modul Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Stoikiometri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.