EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN HIDROKARBON
Abstract
Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan prestasi siswa pada pengajaran hidrokarbon dijelaskan dalam tulisan ini. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi pengetahuan siswa melalui implementasi model pembelajaran koperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam belajar di bidang pembelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Medan and SMAS Panca Budi Medan melalui pengajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk kelas eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kelas kontrol yang diajarkan dengan pengajaran melalui metode konvensional. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pengajaran hidrokarbon. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen (M =80,50±4,97) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (M=77,20±5,24) dan keduanya berbeda secara signifikan thitung 8,709 > ttabel 1,319. Selanjutnya, dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas, jauh lebih efektif daripada menggunakan metode konvensional yang biasa diajarkan dewasa ini dan dapat ditunjukkan dari berbagai perbedaan nilai rata-rata yang didapat dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, juga besarnya nilai dari thitung dibanding dengan nilai dari ttabel.
Katakunci: Pembelajaran kooperatif, metode STAD, Hidrokarbon, Hasil belajar siswaFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.