PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN KINETIKA KIMIA
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa pada pokok bahasan Kinetika Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis masalah berdasarkan kriteria BSNP termasuk pengembangan paket soal latihan dan evaluasi standar berbasis kompetensi dan materi serta paket praktikum berbasis masalah untuk pokok bahasan Kinetika Kimia. Penelitian yang dilakukan bersifat Research and Development (R&D), dengan tahapan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar melalui pengayaan materi, penyusunan kisi-kisi soal latihan dan evaluasi standar, melakukan integrasi paket kegiatan praktikum dan aktivitas pembelajaran, uji kelayakan bahan ajar hasil pengembangan, serta implementasi bahan ajar berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pokok bahasan kinetika kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis masalah sesuai kriteria BSNP untuk pengajaran kinetika kimia telah berhasil dikembangkan. Paket pembelajaran berbasis masalah meliputi pengayaan materi yang terintegrasi dengan kegiatan praktikum, soal latihan dan evaluasi standar serta aktivitas pembelajaran, mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Kompetensi Mahasiswa, Kinetika KimiaFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.