PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM BERBASIS GUIDED-INQUIRY DENGAN REPRESENTASI CHEMISTRY-TRIANGLE UNTUK SISWA SMA/MA

Andromeda, Iryani, Mawardi, Shavira Meidina Irham

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar materi hidrolisis garam  berbasis Guided-Inquiry dengan representasi Chemistry Triangle dalam bentuk lembar kerja siswa yaitu LKS yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA/MA. Jenis penelitian termasuk pada Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah four-D (4-D). Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket. Data hasil penelitian terdiri dari tiga aspek yaitu: validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar. Data validitas dan praktikalitas diolah menggunakan formula Kappa, dan data efektifitas menggunakan persentase. Pada penelitian ini baru terbatas pada uji validitas dan praktikalitas. Validasi bahan ajar dari aspek isi, kebahasaan dan kegrafisan serta kelayakan konstruksi. Data dari validator diperoleh skor rata-rata moment kappa adalah ; 0,795, dan hasil analisis kepraktisan yang dilakukan dengan pengujian terbatas di SMAN 8 Padang diperoleh skor rata-rata nilai  kepraktisan 0,95 dari guru dan 0,88 dari siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar hidrolisis garam yang dikembangkan mempunyai kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggi.

Kata Kunci : Guided-Inquiry, Chemistry Triangle, 4-D models, Hidrolisis Garam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.