STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD, TPS, DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan pengaruh model pembelajaran kooperatif Studen Team Achievment Division (STAD), Think Pair Square (TPS), dan Number Head Together (NHT)terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014.Bentuk penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Pekanbaru dengan sampel satu kelas VIII SMPN 14, SMPN 21, dan SMPN 22yang berjumlah 100 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan observasi.Berdasarkan hasil analisis data observasi diperoleh model pembelajaran kooperatif memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data pretes menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen. Artinya, ketiga kelompok sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil analisis data postes juga menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen. Artinya, tidak ada perbedaan yang signifikan diantara ketiga moodel pembelajaran kooperatif yang dipakai. Hasil analisis data pretes dan postes setiap kelompok sampel menunjukkan perbedaan yang signifikan, dimana hasil belajar postes lebih baik dari pretes.
Kata Kunci : Kooperatif, STAD, TPS, NHT, Hasil Belajar.
Full Text:
Hal.339-349(PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.