PEMBELAJARAN MATEMATIKA KREATIF BERBASIS THEORY OF TREE DAN NILAI KARAKTER
Abstract
Hakikatnya, proses pembelajaran yang sesuai dan menarik bagi peserta didik dapat mendorong untuk mengoptimalisasi potensi yang dimilikinya. Namun sebaliknya, jika pendidik yang melaksanakan proses pembelajaran bersikap kurang kreatif dapat dibayangkan apa yang terjadi? Para peserta didik berinteriaksi dalam proses pembelajaran bukan diibaratkan seperti botol kosong, melainkan mereka sudah membawa nilai-nilai yang dibawa dari lingkungan keluarga maupun dari masyarakatnya. Pembelajaran matematika kreatif berbasis theory of tree dan nilai karakter merupakan pembelajaran yang menciptakan suasana belajar efektif dan menyenangkan serta membangun sikap mental positif dengan mengaktualisasikan nilai-nilai kearifan lokal dan nilai-nilai karakter. Pembangunan sikap mental positif dalam setiap kegiatan belajar dengan mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut menggunakan media hasil karya masyarakat. Pengoptimalan dalam mengembangkan potensi anakseperti: kemampuan pemecahan masalah, berfikirkritis, berfikirkreatif, pola pikir, sikap dan tindakan yang positif, berkomitmen, sabar, tabah, dan memiliki keterbukaan untuk melakukan relasi positif dengan pihak lain atas dasar kepercayaan, sertaselalu belajar dari yang terbaik.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Kreatif, Theory of Tree, Nilai Karakter
Full Text:
Hal. 326-338 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.