ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI SISWA KELAS IX SMPN SE-KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Titi Solfitri, Yenita Roza

Abstract


Rendahnya kemampuan matematika siswa dapat dilihat dari penguasaan siswa terhadap materi. Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal tersebut dapat menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi. Kesalahan-kesalahan tersebut perlu diidentifikasi dan dicari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya kemudian dicari solusi penyelesaiannya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di kecamatan Tampan yang melibatkan 3 sekolah yaitu SMP 8, SMP 20, SMP 21 dan siswa-siwa kelas IX. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kesebangunan (2). Berdasarkan hasil analisis data, hasil wawancara, dan pembahasan, maka dapat disimpulkan: siswa melakukan kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan kecerobohan. Yang menjadi faktor penyebab kesalahan siswa adalah kurangnya usaha yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal, siswa kurang menguasai materi, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa kurang menguasai materi-materi prasyarat serta siswa tidak memahami langkah dalam menyelesaikan soal.

Kata Kunci:    Analisa Kesalahan, Kesebangunan, Kesalahan Konsep, Kesalahan Prosedur

Full Text:

Hal. 295-303 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.