PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS I
Abstract
Kalkulus I adalah salah satu bidang ilmu yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir. Hasil belajar Kalkulus I yang dicapai mahasiswa belum maksimal, disebabkan proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Mahasiswa sulit membangun pengetahuannya sendiri untuk menemukan konsep. Proses pembelajaran hanya bersifat skill dalam menyelesaikan soal. Alternatif yang ditempuh untuk meningkatkan prestasi mahasiswa adalah memilih model pembelajaran yang inovatif dan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menerapkan Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalakulus I, 2) mendeskripsikan keterampilan kooperatif dan mengelola proses pembelajaran yang berorientasi pada Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali untuk tatap muka perkuliahan dan 1 kali untuk pelaksanaan kuis. Subjek penelitian berjumlah 40 orang (6 pria dan 34 wanita). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Kalkulus I mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau semeter ganjil tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Pembelajaran Kooperatif, STADFull Text:
Hal. 273-283 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.