EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK PEMBELAJARAN GEOMETRI

Sofnidar, Husni Sabil

Abstract


ABSTRAK

Kenyataan di lapangan terlihat bahwa LKS yang digunakan guru dalam proses pembelajaran geometri masih berbentuk LKS konvensional yang kurang bervariasi dan isinya terfokus kepada latihan soal saja. LKS yang digunakan belum berfungsi untuk proses penanaman dan pemahaman konsep. Untuk itu, melalui penelitian ini akan dikembangkan LKS yang berbasis pendekatan scientific untuk pembelajaran geometri di sekolah dasar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menciptakan inovasi dalam pembuatan LKS untuk pembelajaran geometri di sekolah dasar yang efektif dengan langkah-langkah pengembangan [3]. Struktur LKS nya terdiri dari halaman judul, petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, tugas-tugas dan langkah kerja, serta penilaian. Luaran dari penelitian ini berupa LKS dengan basis pendekatan scientific untuk pembelajaran geometri khususnya untuk kelas III materi bangun datar dan kelas V materi kesebangunan dan simetri yang efektif. Uji coba pemakaiannya dilakukan di SDN 34/I Teratai Kabupaten Batanghari. Luaran ini dapat menjadi referensi bagi guru SD dalam membuat LKS dan melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan sceintific dalam penerapan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil pengembangan dan uji coba pemakaian diperoleh bahwa LKS dengan pendekatan scientific untuk pembelajaran geometri yang dihasilkan dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas III maupun kelas V dalam proses pembelajaran dengan pendekatan scientific untuk setiap langkah-langkahnya sudah berkategori baik, serta hasil belajarnya sudah mencapai KKM 81,48 % untuk kelas III dan 77,27 % untuk kelas V. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS dengan pendekatan scientific untuk pembelajaran geometri yang telah dihasilkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: LKS, pendekatan sceintific, geometri.


Full Text:

Hal. 262-272 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.